Horizontal Page

Obyek Wisata Gunung Dieng

Gunung Dieng yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, memiliki potensi wisata yang sangat baik untuk dikunjungi, berikut adalah beberapa obyek wisata yang bisa kami rekomendasikan :
  1. OBYEK WISATA ALAM BUKIT SIKUNIR. Tempat paling eksotis untuk menikmati keindahan dunia atas awan. Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dari sini. Tempat ini juga jarang sepi, selalu ramai oleh pengunjung baik dari Jawa Tengah juga dari berabgai daerah di Indonesia, bahkan dari berbagai negara.
  2. TEMPAT WISATA TELAGA PENGILON. Telaga ini letaknya bersebelahan dengan telaga Warna. Uniknya meskipun terletak berdekatan, Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna
  3. OBJEK WISATA TELAGA MERDADA. Telaga ini merupakan telaga yang terluas di Dieng. Telaga Merdada terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata di Dieng berupa Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan Gunung Berapi, yang kemudian tergenang dengan air
  4. OBYEK WISATA PENDAKIAN GUNUNG PRAU DIENG. Bagi anda yang hobi mendaki gunung, Pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang dikhususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam. Salah satu spot di jalur pendakian Gunung Prau yang terkenal adalah bukit teletubbies, dimana di bukit ini terdapat hamparan padang rumput yang hijau menyerupai setting serial anak anak teletubbies di televisi.
  5. OBYEK WISATA CANDI ARJUNA. disini tidak hanya candi arjuna saja, ada juga Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna.
  6. LIBURAN KE DIENG PLATEAU THEATER. Belum lengkap rasanya kalau ke Dieng tidak mampir di Dieng Plateau Theater. Dengan konsep seperti bioskop yang menayangkan film dokumenter seputar Dieng. Film dokumenter yang ditayangkan adalah berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau dengan durasi 20 menit.
  7. TEMPAT WISATA GARDU PANDANG TIENG. Salah satu spot untuk menikmati keindahan alam Dieng adalah Gardu pandang Tieng. Pemandangan dari spot ini sangat menarik terutama pada saat pagi hari yaitu pada waktu matahari terbit/sunrise. Gardu Pandang di Dieng ini memiliki ketinggian sekitar 1700 dpl. Dari tempat ini anda dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, serta hamparan lahan pertanian milik masyarakat yang terlihat subur.
  8. TEMPAT WISATA ALAM BATU RATAPAN ANGIN. Satu lagi tempat wisata populer di Dieng yang tidak boleh dilewatkan, Batu Ratapan Angin. Tempat ini adalah sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng karena dari tempat ini anda dapat melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Bisa terbayang kan melihat dua buah telaga dari ketinggian, pasti bagus sekali keindahan alam disini
  9. OBJEK WISATA SUMUR JALATUNDA. Sumur ini mterbentuk akibat adanya fenomena geologi. Sumur ini memiliki diameter 90 meter. Sumur Jalatunda terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Bekas letusan ini kemudian membentuk lubang kawah seperti sumur. Lambat laun lubang ini terisi dengan air sampai saat ini.
  10. OBYEK WISATA KAWAH SIKIDANG. Kawah sikidang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Dieng. Luas kawah ini sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.
  11. TEMPAT WISATA ALAM TELAGA WARNA. Ini dia tempat wisata yang paling terkenal di Dieng yang tidak boleh dilewatkan, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain.
  12. TEMPAT WISATA TELAGA CEBONG. Telaga cebong terletak di Desa Sembungan, yang merupakan desa tertinggi di jawa. Jadi biasanya para wisatawan setelah menikmati sunrise di puncak Sikunir, pulangnya mampir ke Telaga Cebong ini, karena letaknya tidak jauh dari Sikunir. Disini anda dapat menikmati keindahan alam berupa telaga alam yang disekitarnya terdapat lahan-lahan pertanian miliki penduduk sehingga menambah keindahan Telaga Cebong ini
  13. OBYEK WISATA CANDI BIMA. Satu lagi candi di Dieng yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, candi ini terletak paling selatan di kompleks Percandian Dieng.
  14. OBYEK WISATA KAWAH CANDRADIMUKA. menurut legenda atau mitos yang beredar di masyarakat, disinilah tempat Gatot Kaca diJedi (rebus) sehingga memperoleh kesaktian Otot Kawat Tulang Besi. Kurang lebih demikianlah legenda mengenai Kawah ini. Kawah Candradimuka terletak di atas bukit dikelilingi pemandangan lembah alami nan Eksotis khas Dataran Tinggi Dieng
  15. OBYEK WISATA KAWAH SILERI DIENG. Satu lagi kawah di Dieng yang menarik kita datangi, kawah sileri. Lokasinya ada di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara ini menyerupai sebuah danau vulkanik dan merupakan kawah terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng
  16. TEMPAT WISATA MUSEUM KAILASA. Satu tempat wisata sejarah di dieng yang tidak boleh dilewatkan, Museum Kailasa. DI museum ini anda bisa menemukan berbagai peninggalan purbakala. Lokasinya ada di lereng Bukit Semurup, di Komplek areal milik Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah yang secara administratif masuk dalam wilayah Desa Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara
  17. OBYEK WISATA GUA SEMAR. Goa ini menjadi tempat wisata mistis di Dieng yang sayang untuk dilewatkan. Ada Gua Semar, Gua Sumur, dan Gua Jaran, meski gua-gua tersebut sering dianggap gaib namun pengunjung yang tertarik untuk melihatnya pun selalu ramai.
  18. TEMPAT BERMAIN DI MATA AIR SUNGAI SERAYU DIENG. Disini biasanya kita mencuci muka dengan mata air abadi atau yang dikenal juga dengan sebutan Tuk Bimo Lukar, mencuci muka disini sudah menjadi tradisi masyarakat. Lokasinya ada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
  19. TEMPAT WISATA ARUNG JERAM. Ada banyak pengembang yang menawarkan wisata arung jeram di Dieng. Anda juga bisa menikmati camping, trekking atau rafting.
  20. TEMPAT WISATA ALAM TELAGA MENJER. Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar dari atas rakit bambu. Jarak tempuh perahu yang mengeliling telaga sekitar 30 menit rupanya mampu memanjakan mata dengan indahnya pemandangan di sekeliling.

No comments:

Post a Comment