Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Mangga Golek

Mangga Golek merupakan salah satu jenis / varian mangga yang pertama kali dikembangkan di India. Walaupun demikian, dengan mudah kita bisa menjumpai Mangga Golek ini di Indonesia. Banyak kalangan menyebut bahwa Mangga Golek yang ada di Indonesia berbeda dari Mangga Golek India. Mangga golek versi Indonesia dibudidayakan di wilayah Purbolinggi dan Pasuruan. Mangga Golek sangat populer di Indonesia, bahkan Menteri Pertanian secara resmi mengumumkan bahwa Mangga Golek ini sebagai "varietas mangga lokal yang unggul". 

Buah Mangga Golek ini memiliki bentuk buah yang panjang dan juga bagian ujungnya sedikit meruncing. Buah Mangga Golek ini sangat khas, karena tidak berparuh seperti jenis mangga lainnya. Warna buah Mangga Golek ini pada saat masih muda berwarna hijau dan saat sudah matang akan berwarna kekuningan, terutama pada bagian pangkalnya. Kulit Mangga Golek ini tidaklah terlalu tebal, permukaannya halus namun ada bintik-bintik kelenjar dengan warna putih agak kehijauan. Jika Mangga Golek ini telah ranum, maka bintik putih tersebut akan berubah menjadi warna coklat tua. 


Daging buahnya tebal dan berwarna kekuningan menuju warna oranye saat matang. Dagingnya lunak tak berserat dan saat matang sempurna rasnaya sangat manis. Daging buah Mangga Golek mengandung banyak air apalagi kalau sudah semakin matang. Mangga Golek sering juga disebut Mangga Pepaya di berbagai daerah karena warna daging buahnya serta bentuknya yang memang lonjong meruncing. Mengkonsumsi Mangga Golek sangat baik bagi kesehatan karena mengandung sejumlah komponen gizi yang baik bagi kita. Mangga Golek mengandung Energi sebesar 63 kkal, Protein 0,5 gram, Karbohidrat 16,7 gram, Lemak 0,2 gram, Kalsium 14 miligram, Fosfor 10 miligram, Zat Besi 1 miligram dan masih banyak lagi zat-zat lainnya. Dalam daging buah Mangga Golek tersimpan sejumlah vitamin yakni Vitamin A, vitamin C dalam jumlah yang cukup bagi tubuh manusia.

Teman-temin silahkan berburu buah Mangga Golek ya... sebaiknya tanam di halaman rumahmu agar dapat mengurangi anggaran pembelian buah yang cukup mahal di supermarket disamping juga untuk menyelamatkan alam kita. Selamat menanam ya.....

No comments:

Post a Comment