Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Di Tepi Sungai Ganga (1)


Mahabharata. Pada suatu pagi yang amat cerah dan indah! Matahari yang merupakan sebuah benda yang perkasa, adil dan murah hati, juga memperlihatkan keindahannya, muncul di permukaan bumi bagian timur untuk mengusir segala kegelapan dan datang untuk membawa keriangan dan kesegaran kepada semua mahluk yang berada di atas permukaan bumi, memandikan segala sesuatu dengan cahayanya yang berwarna keemasan dan yang menjadi sumber tenaga bagi segala sesuatu baik yang nampak maupun yang tidak nampak. Cahaya matahari seolah-olah membangkitkan semua mahluk yang tadinya merasa penuh ketakutan dan kekhawatiran yang tenggelam dalam kegelapan malam, mendatangkan kembali semangat hidup pada tetumbuhan, pepohonan besar, binatang-binatang mulai dari yang kecil sampai dengan yang paling besar, yang berterbangan di udara maupun yang berjalan dan yang merayap di atas permukaan bumi.

Matahari pagi yang demikian indahnya, cahaya berwarna keemasan yang menerobos masuk di antara gumpalan-gumpalan awan yang berarak bebas tetapi kelihatan teratur rapi di atas langit, embun-embun pagi yang berkilauan di ujung dedaunan, kicau burung saling bersahutan penuh kegembiraan, semua itu seolah-olah mengingatkan kita bahwa kegelapan dan kesunyian serta keseraman yang timbul bersama dengan datangnya malam bukanlah sebuah peristiwa yang abadi, melainkan hanya sebuah peristiwa yang hanya bersifat sementara saja. Demiki­an pula sebaliknya, kecerahan dan ke­riangan yang datang bersama matahari pagi itu pun akan terganti oleh sang malam yang membawa kegelapan.

Diantara rimbunnya pepohonan itu, mengalirlah air yang bening dan bersih melewati sebuah sungai yang besar yang bernama sungai Ganga. Sungai Ganga itupun nampak indah dan menawan, selain airnya yang jernih nampak pula deburan kecil air yang menghempas bebatuan disana, memang batu-batu besar dan kecil menonjol di tengah dan di pinggir sungai, semakin menambah indahnya panorama alam ini. Inilah ciptaan Brahman yang maha sempurna, yang tiada dapat dibandingkan dengan yang lainnya. Dari arah sungai Ganga menuju ke arah timur, kelihatan bayangan istana Hastinapura yang megah bermandikan cahaya sang matahari, indah sekali.

No comments:

Post a Comment