Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Hukum Karma dan Reinkarnasi - 11

Filsafat Mahabharata                                 Instant Pay For You
Dapatkah Kita Simpulkan Bahwa Seorang Bayi Yang Lahir Sakit Atau Cacat, Merupakan Tanggungjawab Bersama Dari Orang Tua dan Bayi Itu?

Menurut hukum Karma, orang tua itu memang harus mempunyai anak cacat dan bayi itu juga lahir cacat karena karmanya masing-masing. Tapi agar dipahami, baik orang tuanya maupun anak itu dapat membuat hidupnya lebih baik dengan perbuatan-perbuatan positif yang baru.

Bagaimana Kita Mengetahui Bahwa Suatu Perbuatan Adalah Baik?

Yang paling penting dari suatu tindakan adalah motif di balik tindakan itu. Bila motifnya buruk, maka perbuatan yang paling baikpun adalah racun. Misalnya, katakanlah kamu menolong seorang gadis miskin dan tak berdosa. Tapi bila kamu melakukan ini dengan maksud untuk mengeksploitasinya dikemudian hari, maka tindakanmu adalah buruk dan jahat. Tapi bila maksudmu adalah semata-mata karena kemanusiaan, maka tindakanmu sesungguhnya sangat bijaksana. Ahli bedah dan tentara itu melakukan tindakan yang bertentangan secara diagonal. Yang satu menyelamatkan hidup dan yang lain mengambilnya, tapi motif di balik kedua tindakan itu adalah bagus. Jadi kedua tindakan itu adalah bagus.

Apa Yang Terjadi Pada Seseorang Yang Bunuh Diri?

Menurut agama Hindu tindakan demikian itu akan menghukum jiwa selama seribu tahun, dan dia akan dipaksa untuk memulai kehidupan dari awal dari tahap evolusi yang paling rendah. Jiwa itu akan harus menunggu bertahun-tahun untuk dapat memperoleh tubuh manusia. Kadang-kadang jiwa itu akan tetap dalam keadaannya, menjadi hantu tanpa memiliki tubuh, demikian menurut Mahabhagawatam.

Apakah Teori Reinkarnasi Cocok Dengan Teori Evolusi Darwin?

No comments:

Post a Comment