Hukum Karma dan Reinkarnasi - 8

Filsafat Mahabharata. Apa Sebenarnya Sains Reinkarnasi Itu?

Mari kuulang secara ringkas kepadamu apa yang dikatakan oleh Krishna kepada Arjuna mengenai reinkarnasi. Krishna berkata : "Pada waktu kematian, badan mati akan tetapi jiwa tidak pernah mati. Jiwa akan pergi dari satu badan ke badan yang lain bagaikan badan berganti pakaian. Jiwa akan terus memasuki berbagai badan yang lain, sampai jiwa tersebut menghabiskan karma-karma yang melekat padanya. Proses ini dikenal sebagai reinkarnasi" (Bagawad Gita 2:22).

Untuk menjelaskan lebih lanjut, para orang suci Hindu menemukan bahwa hidup kita bukanlah sebuah kecelakaan atau kebetulan, Tuhan juga tidak bertanggung jawab atas ketidak-samaan di antara kita. Menurut agama Hindu, hidup adalah suatu aliran tanpa henti, tanpa awal dan tanpa akhir. Segala sesuatu adalah bagian tak terpisahkan dari keberadaan ini. Segalanya ada dari satu kehidupan kepada kehidupan lainnya, sampai ia mencapai pengetahuan yang benar mengenai dirinya sendiri atau sampai terjadi persatuan antara jiwa individu dengan Tuhan. Masing-masing dari kita akan mempunyai banyak kesempatan untuk mewujudkan jati diri kita yang sebenarnya. Reinkarnasi memberikan harapan kepada semua orang. Tiada seorangpun yang dihukum secara abadi. Yang terbaik dari kita akan mencapai moksha dengan satu kali kehidupan dan yang terburuk di antara kita akan mencapai moksha melalui kehidupan yang berulang-ulang (berkali-kali).

Apakah Pembebasan (Salvation) itu?

Bila jiwa individu (Jiwatman) telah menghabiskan semua karma-karmanya dan bersatu dengan Tuhan, jiwa yang tak terbatas (Paramatman), maka kita katakan bahwa jiwa individu itu telah mencapai pembebasan (Moksha). Dengan demikian maka jiwa yang sudah mengalami pembebasan ini tidak akan mengalami kelahiran kembali.

Apakah semua Manusia Yang Mati Akan Bereinkarnasi Sebagai Manusia Dalam Kehiduan Mereka Berikutnya?

No comments:

Post a Comment