Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Tiga Macam Manusia

Filsafat Mahabharata.                                 Instant Pay For You
Ada Tiga macam Manusia yang menonjol di Dunia ini yang semuanya terbagi oleh Tri Guna atau Tiga Sifat (Sattva, Rajas dan Tamas) dan Tri Dosha atau Tiga Tipe Badan (Kapha, Pitta, Vata), yaitu ;

1. Para Manusia Dharma
Sebagaian kecil dari umat manusia memiliki sifat kebajikan dan belas kasih secara alami. Mereka tidak pernah perlu dibilangin 'jangan menyakiti' atau 'jangan mencuri' dsb karena mereka secara alami tidak mungkin bertindak seperti itu. Mereka secara alami telah menumbuhkan kesadaran dan sifat Sattva yang mewujudkan Dharma dalam segala perbuatan dan perkataan.

2. Para Manusia Adharma
Kemudian ada kebalikannya dari para Manusia Dharma yaitu para Psikopat, yang memiliki sifat kekerasan, mencuri, curang, memanipulasi, bohong, memaksa dan selalu ingin merebut kekuasaan dan harta dengan cara menyakiti atau memanfaatkan yang lain. Biarpun dibilangin ataupun dihukum mereka akan menolak sifat kebajikan dan belas kasih. Para Psikopat atau Manusia Adharma merupakan sebagaian kecil pula dari umat manusia.

3. Para Manusia Majoritas (Janas)
Terakhir ada Manusia majoritas atau sebagaian besar dari umat manusia yang masuk dalam tipe karakter yang ada di tengah-tengah Dharma dan Adharma. Manusia majoritas tidak memiliki sifat kebaikan secara alami dan tidak pula memiliki sifat Psikopat secara alami, mereka adalah Manusia yang 'tidak bersalah' tetapi juga tergolong 'tidak tahu' atau 'tidak sadar' soal pengaruh Dharma dan Adharma. Manusia majoritas gampang dipengaruhi, baik dari Manusia yang penuh kebajikan dan belas kasih maupun Manusia Psikopat yang menyebarkan kerakusan kekuasaan dan kekayaan atau kekerasan.

Perhatikan baik-baik diri Anda sendiri dan siapa saja di lingkungan Anda yang mencerminkan kebajikan, kedamaian atau keharmonisan secara alami dan siapa saja yang memanipulasi, menyakiti atau memaanfatkan yang lain demi kepentingannya sendiri. Perhatikan bagaimana kedua tipe orang tersebut dapat mempengaruhi orang banyak. Pilih dengan bijaksana orang-orang yang Anda jadikan panutan dalam hidup Anda.

No comments:

Post a Comment