Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Putri Seorang Nelayan (6)


Mahabharata. Sambil tersenyum Santanu berkata: ”Jangan sungkan seperti itu nona, justru aku yang seharusnya memohon maaf kepadamu, karena akulah yang menyebabkan dirimu terkejut dan akhirnya semuanya ini sampai terjadi. Siapakah dirimu, nona?”.

”Tuan, aku hanyalah seorang gadis nelayan, aku adalah putri dari Kepala Nelayan di daerah Yamuna ini yang bernama Dasaraja. Setiap hari pekerjaanku adalah membantu menyeberangkan orang-orang yang hendak menggunakan jasa perahuku ini”.
Mendengar tutur kata gadis itu, Santanu merasa semakin tertarik kepada gadis ini. Namun demikian, nampaknya gadis inipun menaruh hati kepada Santanu, hal ini dapat dirasakan oleh Santanu, ketika gadis itu sedang berbicara maupun ketika mereka saling bertatapan.

”Namaku Santanu, siapakah namamu nona?”.

”Satyavati, itulah nama yang diberikan oleh ayahku dan aku tinggal disini hanya berdua saja bersama ayahku”.

”Nona, entah apa yang terjadi padaku, namun aku rasa bahwa aku telah jatuh cinta kepadamu, maukah kau menjadi permaisuriku? Aku adalah seorang raja dari Kerajaan Hastinapura”.

”Yang Mulia, hamba tidak tahu, karena semuanya ayah hamba yang memutuskannya, sebaiknya Yang Mulia membicarakannya dengan ayah hamba!”.

”Baiklah kalau begitu, dimanakah aku bisa menemui ayahmu?”.

”Disana Yang Mulia, di sebuah pondok yang terbuat dari bambu di pojok jalan itu”.

No comments:

Post a Comment