Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Obyek Wisata di Gunung Kidul

Obyek Wisata di Gunung Kidul - Yogyakarta
  1. Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini sangat populer dikalangan para wisatawan karena mempunyai kemiripan dengan salah satu objek wisata di Negara Amerika, yaitu Grand Canyon Arizona. Aliran airnya tidak mengenal musim, kemarau panjang pun air tetap lancar mengalir. 
  2. Goa Pindul. Goa Pindul merupakan salah satu goa yang memiliki aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter. Sensasi petualangan yang menarik wisatawan untuk mengunjungi Goa Pindul adalah menyusurai sungai bawah tanah tersebut dengan menggunakan ban pelampung(cave tubing) selama 50-60 menit. 
  3. Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal. Pantai pulang syawal adalah pantau yang paling terkenal di Gunung Kidul, pantai ini menjadi destinasi wisata Gunung Kidul paling populer. Wisatawan pasti betah berlama-lama di pantai Pulang syawal atau Indrayanti ini, karena hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. 
  4. Pantai Jogan. Wisata pantai yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh wisata pantai yang membentang di pesisir Gunung Kidul, Yogyakarta. Keunikan dari Pantai Jogan adalah keberadaan air terjun dari balik bukit karst yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut dan mungkin sulit ditemui di daerah manapun di Indonesia 
  5. Pantai Nglambor. Letak Pantai Lambor berada diantara Pantai Jogan dan Pantai Siung. Wisata pantai di Gunung Kidul yang satu ini masih tergolong sepi, karena akses jalan menuju pantai ini lumayan sulit, dipenuhi dengan bebatuan pada jalannya yang terjal 
  6. Pantai Sundak. Letaknya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai Sundak tidaklah terlalu luas, di kedua sisinya ditutupi oleh batu karang yang besar dan sekaligus pemisah dengan pantai Gunung Kidul yang lainnya 
  7. Pantai Ngetun. Pantai Ngetun menawarkan pemandangan pasir putih halus dan terjangan ombak pada batu-batu karang. Karena belum banyaknya pengunjung yang datang ke wisata pantai Gunung Kidul yang satu ini terlihat perawan dan menawan, serasa pantai ini milik pribadi. 
  8. Pantai Siung. Daya tarik yang menonjol dari Pantai Siung ini adalah batu-batu karangnya yang berukuran raksasa di kedua sisinya, sehingga wisata pantai Gunung Kidul yang satu ini juga populer di mata para penghobi olahraga Rock Climbing (panjat tebing) 
  9. Pantai Ngandong. Letaknya berada di sebelah barat Pantai Sundak. Satu pesona dari Pantai Ngandong ini adalah bukit karst yang berwarna kehijauan menjadi pemandangan anggun, dipadu dengan birunya ombak dan pasir putih bersih serta perahu nelayan yang terparkir di pinggiran pantai. 
  10. Pantai Seruni. Kesan pertama ketika sampai di Pantai Seruni adalah tenang dan damai. Tempat wisata yang satu ini tergolong sepi karena akses menuju ke bibir pantai yang belum di perbaiki. Tatanan bebatuan cadas mengisi sepanjang jalur sangat cocok dijadikan tempat offroad. 
  11. Pantai Timang. Obyek wisata Gunung Kidul yang satu ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki pantai Gunung Kidul lainnya. Ada bongkahan batu besar di tengah pantai yang dinamakan Batu Panjang atau Pulau Timang, jarak dengan bibir pantai kurang lebih 100 meter. Jika ingin menuju kesana, pengunjung bisa menyewa kereta gantung tradisional yang diberdayakan oleh penduduk setempat 
  12. Pantai Slili. Pantai ini juga memiliki keindahan yang menawan. Pantai yang merupakan pembatas antara Pantai Krakal dengan Pantai Sadranan ini juga menarik untuk kita jadikan tempat mandi-mandi atau melakukan aktivitas pantai lainnya. 
  13. Pantai Pok Tunggal. Asal nama Pantai Pok Tunggal berasal dari sebuah pohon Duras yang tumbuh berani sendirian di pinggiran pantai dan menjadi ikonik tersendiri di wisata pantai di Gunung Kidul yang satu ini. Pok Tunggal, berarti “Pohon Tunggal”. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing tinggi yang membentengi pantai dari area luar. Pantai ini sangat cantik, pasirnya bersih alami. 
  14. Pantai Baron. Pantai ini merupakan teluk yang kanan kirinya merupakan bukit pasir yang biasa digunakan tempat camping untuk menikmati suasana alam. Di sepanjang Pantai Baron banyak ditemui perahu yang biasanya digunakan para nelayan untuk mencari ikan sehingga pantai ini terkenal dengan kuliner laut yang beraneka ragam 
  15. Pantai Kukup. Pantai kukup kaya akan beragam biota laut seperti ikan hias, bintang laut dan terumbu karang. Di pantai ini bisa ditemukan aquarium alami (cekungan) yang berada bagian laut dangkal di pinggiran pantai dan dibatasi oleh gundukan terumbu karang yang seakan menghadang hempasan ombak besar. 
  16. Pantai Krakal. Pantai ini memiliki spot surfing dengan ombaknya yang menantang. Selain itu juga banyak ditemukan biota laut yang berwarna-warni. Pantai Krakal bersebelahan dengan wisata pantai lainnya di Gunungkidul, dibatasi oleh bukit besar yang ditumbuhi pepohonan rindang. 
  17. Pantai Drini. Salah satu keunikan dari Pantai Drini adalah dengan adanya sebuah Pulau di bibir pantai yang biasa didaki oleh para pengunjung untuk bersantai disana. Pulau ini memisahkan Pantai Drini menjadi dua bagian, sisi barat dan sisi timur. Satu sisi bernuansa tenang dan damai dengan percikan ombak laut, sementara disisi yang lainnya terlihat ganas karena hempasan ombak yang menerjang keras. 
  18. Pantai Sepanjang. Wisata yang satu ini merupakan gambaran akan keadaan Pantai Kuta pada jaman dahulu. Pantai ini mempunyai garis pantai yang sangat panjang disertai ombak yang tenang dan pasir yang bersih, oleh karena itu dinamakan “Sepanjang”. Suasananya masih sangat alami ditemani oleh gubuk-gubuk kayu yang terbuat dari pohon palem beratap jerami. 
  19. Pantai Sadeng. Pantai Sadeng tidak seperti pada umumnya wisata pantai yang ada di Gunungkidul. Pantai ini tidak memiliki karang-karang besar yang menjadi pembatas pada kedua sisinya. Pemandangan hamparan laut lepas sangat terlihat jelas. 
  20. Pantai Wediombo. Pantai ini memiliki kolam renang alami yang biasa dijadikan tempat berenang oleh pengunjung. Tempat berenang ini berada dipinggiran pantai yang dipisahkan oleh batu karang besar, juga sebagai pembatas dengan lautan lepas. 
  21. Pantai Gesing. Pantai ini tidak seramai wisata pantai lainnya di Jogja karena daerahnya cukup terpencil dan rute menuju kesana sangat susah tanpa ada plang penunjuk jalan. Daya tarik dari Pantai Gesing adalah adanya daerah air yang dangkal yang bisa digunakan untuk mencari ikan hias 
  22. Pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran juga cukup mempesona, jika air sedang surut banyak ditemukan rumput laut yang berwarna kehijauan. Rumput laut tersebut terhampar di sela-sela batu karang di pinggir pantai. 
  23. Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan merupakan sebuah teluk yang dikelilingi bukit kapur. Dinding perbukitan batu kapur tersebut berwarna kehijauan karena ditumbuhi pepohonan. Di waktu Hari Raya Nyepi, para umat Hindu melaksanakan upacara Melasti di Pantai Ngrenehan 
  24. Bukit Bintang. spot terbaik untuk menikmati keindahan Jogja dari malam hari adalah ke Bukit Bintang yang terletak di Jalan Jogja-Wonosari. Bukit Bintang merupakan tempat nongkrong seru di Jogja khususnya di Gunug Kidul. 
  25. Goa Jomblang. Di goa Jomblang anda bisa melihat “Cahaya Surgawi” yang sangat terkenal itu.Di bagian dalam goa anda akan melihat stalagmit hijau kecokelatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa, menghadirkan sebuah pemandangan memukau yang menerangi stalaktit dan stalagmit, membuat permukaan lantai gua menjadi begitu indah.

No comments:

Post a Comment